Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Tiap perusahaan memiliki system untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada pemakai. Sistem ini dinamakan sistem manajemen sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS.
Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM/HRIS) merupakan sebuah bentuk interseksi/pertemuan antara bidang ilmu manajemen sumber daya manusia (MSDM) dan teknologi informasi. sistem ini menggabungkan MSDM sebagai suatu disiplin yang utamanya mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktifitas-aktifitas MSDM seperti dalam hal perencanaan, dan menyusun sistem pemrosesan data dalam serangkaian langkah-langkah yang terstandarisasi dan terangkum dalam aplikasi perencanaan sumber daya perusahaan/enterprise resource planning (ERP).
Secara keseluruhan sistem ERP bertujuan mengintegrasikan informasi yang diperoleh dari aplikasi-aplikasi yang berbeda ke dalam satu sistem basisdata yang bersifat universal. Keterkaitan dari modul kalkulasi finansial dan modul MSDM melalui satu basisdata yang sama merupakan hal yang sangat penting yang membedakannya dengan bentuk aplikasi lain yang pernah dibuat sebelumnya, menjadikan aplikasi ini lebih fleksibel namun juga lebih kaku dengan aturan-aturannya.

 

SUMBER DAYA INFORMASI

Sejumlah usaha awal dalam manajemen informasi terfokus pada data. Usaha tersebut sejalan dengan meluasnya penggunaan sistem manajemen database (database management system), atau DBMS. Perusahaan-perusahaan beralasan bahwa jika mereka mengelola data mereka dengan menerapkan DBMS yang berbasis computer, mereka berarti juga akan mengelola informasi mereka.

Perhatian seharusnya juga diberikan pada pengolah informasi (information processor) yang mengubah input menjadi output. Pengolah ini meliputi perangkat keras dan perangkat lunak, sera orang-orang yang mengembangkan, mengoperasikan, dan menggunakan system. Juga termasuk fasilitas yang menyimpan sumber daya tersebut.

Macam- macam� Sumber Daya Informasi :

* Hardware

* Software

* Spesialis informasi

* Pemakai (Manusia)

* Fasilitas(Mesin)

* Database

* Informasi

 

 

informasi mengalir baik secara vertikal (antara manajer) dan juga horizontal (antara departemen). Informasi pada levvel manajemen :

1). Top level management akan lebih meningkatkan gambaran gambara  besar dan perancanaan jangka panjang , memproyeksikan event event yang mungkin terjadi di masa depan.

2). Mid level management akan lebih mementingkn system control dan perencanaan , serta implementasi tujuan jangka panjang .

3.) level suvervisor akan lebih berfokus dalam basis harian dan juga mensupevisi para pekerja .

Hampir semua organisasi modern memiliki database terkomputerisasi yang mencatatat aktivitas rutin harian yang kita kenal dengan transaksi .. ada beberapa level dari sistem informasi terkomuterisasi yaitu :

Sistem pemrosesan transaksi

Mensubsubtusikan pemrosesaan berbasis komputer dari pencatatan manual berhubungan dengan proses rutin yang telah terstruktur termasuk aplikasi pencatatan

http://yodisetyawan.wordpress.com/2008/05/02/sistem-informasi-sumber-daya-manusia/

http://mukharom1.wordpress.com/2009/11/15/sumber-daya-informasi/